Oleh: Anty Santy Ahsanty

PSIK FK UNDIP

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menerapkan sistem teamwork. sistem ini diterapkan untuk melatih para mahasiswanya supaya terbiasa bekerja dalam suatu tim, karena ketika kita terjun ke dalam medan nyata maka yang paling banyak kita temui adalah bekerja dalam suatu tim. Apalagi PSIK FK UNDIP yang akan menelorkan para perawat-perawat professional yang pastinya harus mampu bekerja dalam tim dan pada akhirnya akan bekerja dalam suatu tim medis.

Bekerja dalam suatu tim itu memiliki beberapa keuntungan, antara lain pekerjaan cepat selesai, pekerjaan yang berat menjadi ringan karena dikerjakan bersama-sama. Akan tetapi, bagi yang baru merasakan bekerja dalam suatu tim pasti akan merasakan banyak kekurangan dan menganggap bekerja sendiri itu lebih baik daripada bekerja dalam suatu tim. Pikiran tersebut timbul dikarenakan di dalam suatu kelompok akan sering terjadi perbedaan pendapat, kemudian muncul keegoisan. Selanjutnya emosi ikut turut campur. Akhirnya otak tidak dapat berpikir dengan tenang. Sehingga jalan tengah sulit ditemukan, pada akhirnya berdampak pada waktu penyelesaian pekerjaan kelompok yang melebihi waktu yang telah di targetkan. Ketika terjadi seperti ini maka, orang yang baru bekerja dalam suatu tim akan beranggapan bahwa bekerja sendiri itu lebih cepat selesai daripada kerja dalam tim karena semua pekerjaan yang dilaksanakan itu sesuai dengan keinginan dan pikiran kita sendiri tanpa harus menyatukan beberapa pikiran yang lain.

Tak bisa kita pungkiri bahwa ketika dalam teamwork akan terjadi perbedaan pendapat dan pemilihan jalan tengah akan sering dipakai. Tapi dalam teamwork pelatihan emosional lebih banyak, karena pada hakekatnya dalam teamwork berisi beberapa orang yang memiliki kepribadian dan cara berpikir yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Dan ketika kita belum terbiasa dengan orang yang memiliki kepribadian yang benar-benar bertolak belakang dengan kita pasti kita akan cepat stress karena sering mengalami konflik dalam hal penyatuan pendapat atau pengambilan jalan tengah. Apabila kita tidak pandai memanagement kecerdasan emosional kita, maka kita tidak akan kuat dengan teamwork yang sering dilakukan oleh PSIK FK UNDIP.

Akan tetapi, janganlah kita cepat menyerah ketika dihadapkan dengan situasi yang seperti itu. Kita harus tetap berusaha menelusuri sifat mereka, mempelajai karakter mereka dan kita juga harus bisa menjaga emosi agar tidak mudah meluap dikarenakan keadaan yang mulai memanas karena ketika kita emosi maka lawan bicara kita juga ikut terpancing emosinya dari nada suara kita yang berapi-api. Dan hal tersebut amat buruk dalam suatu teamwork.

Oleh karena itu, untuk membuat kita nyaman dalam teamwork adalah dengan cara perbanyak membaca buku tentang kecerdasan emosional atau tata pengolahan emosional manusia dan yang paling penting adalah buku tentang teamwork dan beri sugesti positif pada diri kita bahwa teamwork itu lebih baik daripada kerja sendiri karena manusia diciptakan pada hakekatnya sebagai makhluk sosial. Salam Sukses Buat kita semua. ^_^

About these ads