Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing. Dan ia akan kembali menjadi asing sebagaimana kedatangannya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing itu. (HR. Muslim)

 

Orang yang asing: orang-orang yang berbuat kebajikan ketika manusia rusak/orang-orang shalih diantara banyak orang yang buruk, orang yang menyelisihi lebih banyak dari yang mentaatinya. (HR. Ahmad)

 

Agama adalah nasehat (3x). Kami (sahabat) bertanya, untuk siapa? Beliau menjawab, untuk Allah, kitabNya, RasulNya dan pemimpin serta kaum muslimin semua. (HR. Muslim)

 

Sesungguhnya, umatku (Nabi Muhammad) akan datang pada Hari Kiamat dengan dahi dan lengan yang bercahaya karena bekas wudhu…(Muttafaq alaih)

 

Tidak akan istiqomah iman seorang hamba sehingga hatinya beristiqomah (lebih dulu) dan tidak akan istiqomah hati seorang hamba sehingga lisannya istiqomah (lebih dulu). (HR. Ahmad)

 

Akhlak yang baik (diantaranya) terdiri dari tiga hal: menjauhi yang haram, mencari yang halal dan berlapang hati kepada keluarga. (Abdullah Ibnul Mubarak)

 

Tidaklah seorang hamba yang didzalimi dengan suatu kedzaliman, lalu dia bersabar atasnya melainkan Allah menambahkan kemuliaan kepadanya. (HR. Ahmad dan At-tirmidzi)

 

Ada dua hal yang mematikan hati. Pertama, banyak tidur. Kedua, banyak makan. (Fudheil bin Iyadh)

 

Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya…(HR. Al-Bukhori dan Muslim)

 

Hindarilah teman duduk yang tidak memberikan faidah ilmu (agama) kepadamu. (Muadz bin jabal)

 

Allah berfirman, artinya, tiadalah sepatutunya bagi Nabi & orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik…(QS. At-taubah: 113)

 

“…Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan. Yaitu kesenangan ketika berbuka dan kesenangan ketika berjumpa dengan dengsn Tuhannya (Allah). (HR. Al.Bukhori & Muslim)

 

Tidak ada seorangpun sesudah Nabi Shalallahu alaihi wa sallam, melainkan perkataannya bisa diambil & ditinggalkan, kecuali (perkataan) Nabi. (Imam Malik)

 

Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharappahala (dari Allah), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq alaih)

 

Bersikap luruslah dan jangan terlalu berhitung (dalam beramal). ketahuilah, amalanmu yang terbaik adalah shalat. Orang yang selalu menjaga wudhu adalah orang yang beriman. (HR. Ibnu Majah)

 

Tak seorangpun dari kaum muslimi yang bertemu lantas mereka berjabat tangan, kecuali dosa mereka diampuni sebelum mereka berpisah. (HR. ahmad, abu dawud dll)

 

Barangsiapa yang mendirikan (shalat tarawaih) bersama imam hingga selesai, akan ditulis baginya pahala  shalat semalam suntuk. (HR. Abu Dawud dll)

 

Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak sah puasanya. (HR. Ahmad, Abu Dawud dll)

 

Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan. (HR. Ahmad dll)

 

Sekiranya hati kita bersih, niscaya kita tidak akan merasa puas dan bosan untuk membaca Al-Qur’an. (Sahabat Utsman bin Affan)